Akad arisan online: antara tolong menolong dan riba?

Ramadhita Ramadhita, Irfa Roidatul Khoiriyah

Abstract


Arisan is a fact in human life. Arisan is a way for humans to fulfill their needs quickly. Nevertheless, it is not uncommon to practice social gathering legal problems. This article aims to describe the practices and views of scholars' in Banyuwangi Regency on online social gathering on the social media account @putri ali bundazidan. This research includes doctrinal law research with a conceptual approach and a sociological approach. Data collection was carried out by semi-structured interviews with arisan actors and scholars' in Banyuwangi Regency. The results of this study indicate that the practice of online social gathering on the Facebook account @putri ali bundazidan is included in the qardh contract. Participants online arisan online social gathering willingly and do not mind the difference in the number of contributions. In the Civil Code, the practice of arisan is included in the debit and credit agreement. The agreement in this arisan is valid under Article 1320. The scholars of the Banyuwangi Regency differ in their opinions on the validity status of this arisan contract. The majority of Islamic scholars in Banyuwangi do not allow because there are elements of usury and injustice. In contrast, some scholars allow on the basis that online arisan there is an element of help that is permissible in Islam.

Arisan merupakan fakta dalam kehidupan manusia. Arisan merupakan salah satu cara bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan cara ringan. Meskipun demikian tidak jarang praktik arisan problem hukum. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik dan pandangan ulama’ Kabupaten Banyuwangi terhadap arisan online pada akun sosial media facebook @putri ali bundazidan. Penelitian ini termasuk penelitian hukum doktrinal dengan pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dengan pelaku arisan dan para ulama’ Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik arisan online pada akun facebook @putri ali bundazidan termasuk ke dalam akad qardh. Peserta arisan online melakukan arisan dengan saling rela dan tidak keberatan dengan perbedaan jumlah iuran. Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pedata, praktik arisan ini termasuk ke dalam perjanjian utang piutang. Perjanjian dalam arisan ini adalah sah sesuai dengan Pasal 1320. Para ulama’ Kabupaten Banyuwangi berbeda pendapat terhadap status keabsahan akad arisan ini. Mayoritas ulama’ tidak memperbolehkan karena terdapat unsur riba dan ketidakadilan. Sementara sebagian ulama’ memperbolehkan dengan dasar bahwa arisan online terdapat unsur tolong menolong yang diperbolehkan dalam Islam.

 


References


A. Djazuli, Kaidah-kaidah fikih: kaidah-kaidah hukum islam dalam menyelesaikan masalah-masalah yang praktis (Jakarta: Kencana, 2006)

Abdullah, Varatisha Anjani, ‘Arisan Sebagai Gaya Hidup (Sebuah Kritik Terhadap Masyarakat Konsumtif Perkotaan)’, Jurnal Komunikasi, 11.1 (2016), 17–28

Anshori, Abdul Ghofur, Hukum perjanjian Islam di Indonesia: Konsep, Regulasi, dan Implementasi (UGM PRESS, 2018)

Badriyah, Lailatul, ‘Perlindungan hukum bagi peserta arisan haji dan umrah: Study kasus di KBIH Al-Kautsar Dusun Dempok Desa Grogol Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang’ (unpublished undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015)

Baidowi, Aris, ‘Etika Bisnis Perspektif Islam’, JURNAL HUKUM ISLAM, 2016 [accessed 25 March 2020]

Baihaki, Achmad, and Evi Malia, ‘Arisan Dalam Perspektif Akuntansi’, Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9.3 (2018), 540–61

as-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir, Al Qawaid al Fiqhiyyah al Mandhumatu Wa Syarhuha (Darul Haramain, 2007)

Farida, Fina Nafis, ‘Praktik arisan indek menurut pandangan Ulama Kabupaten Banyuwangi: Studi di Kelurahan Penataban Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi’ (unpublished undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018) [accessed 22 March 2020]

Ghazaly, H. Abd Rahman, H. Ghufron Ihsan, and Sapiudin Shidiq, Fiqh muamalat (Jakarta: Kencana Prenada, 2010)

Hamid, Abdul, ‘Pergeseran Persepsi Keadilan Di Kalangan Muslim Dalam Arisan Indeks’, Asy-Syari’ah : Jurnal Hukum Islam, 2.2 (2016), 205–16

Haq, Abdul, Ahmad Mubarok, and Agus Rouf, Formulasi Nalar Fiqh : Telaah Kaidah Fiqh Konseptual Buku Dua (Surabaya: Kaki Lima, 2005)

———, Formulasi Nalar Fiqh : Telaah Kaidah Fiqh Konseptual Buku Satu (Surabaya: Kaki Lima, 2005)

Hariyanto, Hani, Noor Latifah, and Syafiul Muzid, ‘CMS Salmon: Digitalisasi Sistem Arisan Dan Lelang Motor Online’, SNATIF, 5.1 (2018) [accessed 22 March 2020]

Haryono, Cosmas Gatot, ‘Kontestasi Simbol Kesuksesan Kaum Urban Jakarta Dalam Ruang Liminal Arisan Keluarga’, Scriptura, 7.1 (2017), 27–35

Jirhanuddin, Jirhanuddin, Ahmad Dakhoir, and Sulistyaningsih Sulistyaningsih, ‘Manajemen Dana Iuran Rukun Kematian Di Puntun Kota Palangka Raya’, JURNAL AL-QARDH, 1.2 (2016)

kartia, Liga, ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Arisan Menurun Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Di Kelurahan Panorama Bengkulu)’ (unpublished diploma, IAIN BENGKULU, 2019) [accessed 23 March 2020]

Khoiriyah, Nurul Nuzula, ‘Pandangan tokoh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ponorogo terhadap tradisi arisan sembako untuk acara hajatan : Studi di Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo’ (unpublished Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018) [accessed 22 March 2020]

Khoiruddin, Muhammad, ‘Pendidikan Sosial Berbasis Tauhid Dalam Perspektif Al-Qur’an’, At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3.1 (2018), 73

M. Hafiz Saputra, -, ‘Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Arisan Qurban Idul Adha Di Dusun Meranti Kampung Seminai, Siak’ (unpublished skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2019)

Mas’adi, Ghufron A, Fiqh muamalah kontekstual (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2002)

Masithah, Siti, ‘Tinjauan Hukum Islam Tentang Pelaksanaan Arisan Online Handphone Di Instagram (Studi Pada Pemilik Akun Instagram @tikashop_bdl)’ (unpublished Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2018) [accessed 22 March 2020]

Media, Kompas Cyber, ‘Buron 9 Bulan, Ketua Arisan “Mama Gaul” Ditangkap Polisi’, KOMPAS.com [accessed 22 March 2020]

———, ‘Duduk Perkara Penipuan Investasi Arisan Online, Modus Pakai Sistem Duet di Facebook’, KOMPAS.com [accessed 22 March 2020]

Muslich, Ahmad Wardi, Fiqh muamalat (Jakarta: Amzah, 2010)

Okezone, ‘Terungkap Penipuan Berkedok Arisan Online di Jatim, Melibatkan Figur Publik : Okezone News’, https://news.okezone.com/, 2020 [accessed 22 March 2020]

Otoritas Jasa Keuangan, ‘Makan Banyak Korban: Begini Ciri-Ciri Jebakan Arisan Bodong’, Https://Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id [accessed 22 March 2020]

Pribadi, Aji, ‘Arisan Qurban Di Mushola Al-Muttaqin 25 B Margodadi Metro Selatan Kota Metro Perspektif Hukum Ekonomi Syariah’ (unpublished undergraduate, IAIN Metro, 2020) [accessed 22 March 2020]

Puspita, Lidya, and Ariawan Gunadi, ‘Analisis Kekuatan Hukum Perjanjian Lisan Arisan Online Yang Menggunakan Media Aplikasi Facebook Messenger Dalam Pembuktian Di Pengadilan Ditinjau Dari Undang- Undang Informasi Dan Teknologi Elektronik Nomor 11 Tahun 2008 (Studi Kasus Putusan No. 106/Pdt.g/2017/Pn.Plk)’, Jurnal Hukum Adigama, 2.2 (2019) [accessed 22 March 2020]

Ratnasari, Rima, ‘Tinjauan Hukum Islam Tentang Arisan Menurun (studi Di Kelurahan Cipondoh Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang)”’ (unpublished diploma, UIN SMH BANTEN, 2019) [accessed 23 March 2020]

Ria, Evita, ‘Tinjauan Hukum Islam Tentang Arisan Emas Batangan’ (unpublished Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2019) [accessed 22 March 2020]

Sanggo, Priskila Askahlia, and Diana Lukitasari, ‘Pertanggungjawaban Pidana Pelaku Penipuan Arisan Online Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik’, Jurnal Hukum Pidana Dan Penanggulangan Kejahatan, 3.2 (2014), 221–30

Sarmalina, Sarmalina, Sarmadi Sarmadi, Mona Rahmi, and Sonlimar Mangunsong, ‘Peningkatan Kapasitas Ibu-Ibu Arisan Sebagai Inisiator Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat)’, LINK, 15.1 (2019), 36–41

Sischah, Ni’matul, ‘Tinjauan hukum Islam terhadap praktek arisan dengan sistem indek tahunan di Desa Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi’ (unpublished undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019) [accessed 22 March 2020]

Soimin, Soedharyo, Kitab undang-undang hukum perdata (Jakarta: Sinar Grafika, 1996)

Susila, Danar, ‘Analisis Yurldis Tentang Perjanjian Arisan Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Klaten’, 2015 [accessed 22 March 2020]

Umar, Muhammad Zakaria, ‘Pembangunan Rumah Tinggal Dengan Sistim Arisan Di Desa Pangan Jaya’, EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 3.1 (2017), 1–9

al-Zuhaili, Wahbah, Al-Fiqh al-Islami Wa Adillatuh, trans. by Abdul Hayyie al-Kattani (Jakarta: Gema Insani, 2011), V


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/am.v8i1.736 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ramadhita ramadhita, Irfa Roidatul Khoiriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
The work is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License..

OUR VISITOR