RESEPSI KARAKTERISTIK PENDIDIK DAN PESESTA DIDIK DALAM AL-QUR’AN(STUDI LIVING QUR’AN KISAH NABI MUSA DAN KHIDIR DALAM SURAT AL-KAHF DI PESANTREN DARUL QUR’AN MULIA - BOGOR)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Mustaqim, -. (2020). Al-Tafsīr Al-Maqāṣīdī Al-Qaḍayā al-Mu‘āṣirah fī Ḍa’i Al-Qur’ān Wa al-Sunnah Al Nabawwiyah. Idea Press.
Abū Zaid, W. ‘Āsyūr. (2019). Nahwa Tafsīr Maqāṣidī li Al-Qur’ān Al-Karim. Mofakroun.
Aisyah, A. (2022). Konsep Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik Ideal dalam Tafsir al-Qur’an al-’Azhim. Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(1), 77–97.
al-Galiy, B. (1996). Syaikh al-Ja>mi’ al-Azham Muhammad al-Tahir ibn ’Asyur; Hayatuhu wa Atsaruhu. Dar Ibn Hazm.
al-Qaṭṭān, M. K. (2000). Mabāḥith fī ‘Ulūm Al-Qur’ān. Maktabat alMa‘ārif.
al-Thabari, A. J. M. bin J. (2015). Jami’ al-Bayan ’an Ta’wil Ay al-Qur’an. Dar al-Salam.
al-Zarnuji, al-Z. (2004). Ta’lim al-Muta’allim; Thariq al-Ta’allum. al-Dar al-Sudaniah li al-Kutub.
al-Zuhaili, W. (2016). Al-Tafsir al-Munir fi al-’Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj. Dar al-Fikr.
al-Sya’rawi, M. M. (t.t.). Tafsir al-Sya’rawi. Akhbar al-Yaum.
Amirudin, N., Muhammad, S., & Ulum, S. (2020). Karakteristik Peserta Didik Ideal Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 68–82.
’Asyur, I. (2001). Maqasid al-Syari’ah al-Islamiyah. Dar al-Nafa’is.
Barnadib, S. I. (1986). Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. FIP-IKIP Yogyakarta.
Daradjat, Z. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Data-kasus-perlindungan-anak-2021. (t.t.). Diambil 18 November 2022, dari https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2021
Fikriyati, U. (2019). Maqāșid Al-Qur’ān: Genealogi dan Peta Perkembangannya dalam Khazanah Keislaman. ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman, 12(2), Art. 2.
Halim, A. (2014). Kitab Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir Karya Ibnu ‘Asyur Dan Kontribusinya Terhadap Keilmuan Tafsir Kontemporer. Syahadah; Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Keislaman, 2(2), 15. https://doi.org/10.32520/syhd.v2i2.83
Hasib, M. A. (2022, Oktober 27). Sejarah Pendirian Pesantren Terpadu DQM [Komunikasi pribadi].
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan; Konsep, Teori dan Aplikasinya. LPPPI.
Ibn ‘Āshūr, M. al-Ṭāhir. (1984a). Tafsīr al-Taḥrīr wa al-Tanwīr (Vol. 1). Dār al-Tūnisiyyah li al-Nasyr.
Ibn ‘Āshūr, M. al-Ṭāhir. (1984b). Tafsīr al-Taḥrīr wa al-Tanwīr (Vol. 15). Dār al-Tūnisiyyah li al-Nasyr.
Ibn ‘Āshūr, M. al-Ṭāhir. (1984c). Tafsīr al-Taḥrīr wa al-Tanwīr (Vol. 16). Dār al-Tūnisiyyah li al-Nasyr.
ibn Fāris, A. (2008). Maqāyīs al-Lughah (Vol. 5). Dār al-Ḥadīs.
Ibn Manẓūr, J. al-D. M. (2022). Lisān al-‘Arab (Vol. 12). Dār al-Ṣādir.
Kusmana, K. (2018). EPISTEMOLOGI TAFSIR MAQASIDI. MUTAWATIR, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2016.6.2.206-231
Marimba, A. D. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. al-Ma’arif.
Nata, A. (1993). Al-Qur’an dan Hadits. Raja Grafindo Persda.
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Prenada Media Group.
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.
Sabri, R. (2017). Karakteristik Pendidik Ideal dalam Tinjauan Alquran. Sabilarrasyad; Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1), 20.
Saebani, B. A., & Akhdiyat, H. (2009). Ilmu Pendidikan Islam I. Pustaka Setia.
Tafsir, A. (1996). Epistemologi Untuk Ilmu Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Yasin, A. F. (2008). Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Uin-Malang Press.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.