Kontsruksi Makna Taaruf Dalam Al-Qur’an (Upaya Membangun Harmonisasi Kehidupan Sosial)
Abstract
Taaruf merupakan salah satu wahana untuk membangun persaudaraan antar umat manusia tanpa memamdang ras, suku, agama ataupun bangsa. Ironinya, dalam kehidupan sosial masyarakat muslim Indonesia taaruf hanya dimaknai dengan sebuah prosesi perkenalan antara keluarga calon suami dan keluarga calon isteri untuk melakukan persiapan sebuah pernikahan. Tulisan ini berusaha untuk mekonstruksi kembali makna taaruf yang terdapat dalam surat al-Hujarat ayat 13 dengan menggunakan metode komparasi (muqāran) dari pendapat ahli tafsir yang bersunber dari kitab tafsir klasik dan modern dengan pendekatan tafsir maqāṣidi, yaitu penafsiran dengan landasan utama al-Qur’an untuk melihat maksud maqāṣidu-al-Syari’ah secara holistik dan komprehensif guna menangkap pesan dan konteks ayat tersebut. Penulis menemukan bahwa prasa taaruf dalam ayat tersebut memiliki makna saling memahami dan menerima perbedaan karakter, pikiran dan budaya guna membangun kehidupan sosial yang harmonis. Selain itu, penulis juga berkesimpulan bahwa terdapat distorsi makna taaruf dalam pemahaman mayoritas masyarakat muslim Indonesia sehingga pesan (maqāṣid) al-Qur’an yang terdapat pada ayat tersebut menjadi bias.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abercrombie, N. (2006). The Pinguin Dictonary of Sociologi. California: Penguin.
al-Asfahani, A. Q. (2008). Mu’jam al-Mufrodât li Alfâzh Al-Qur’an. Bairut: Dar al-Fiqr.
al-Atsqalani, I. H. (1379 H). Fath al-Bârî bi al-Syarh Imam al-Bukhāri. Bairut: Dar al-Ma'arif.
al-Buthi, M. S. (2019). Fikih Sirah Nabawiyah. Libanon: Dar al-Fiqr.
al-Ghazali, A. H. (T.th). Ihyâ' 'Ulȗm ad-Dîn. Kairo: Dar al-Ihya al-Kutub.
al-Maraghi, A. M. (1974). Tafsīr al-Marāghi. Mesir: Mustafa al-Bab Wa Auladuh.
al-Mubarukfuri, S. (2013). Rahiq al-Makhtum. Riyadh: Muntaha al-Saqafah.
al-Nahlawi, A. R. (1996). al-Tarbiyyah al-Islâmiyyah fī al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama’. Jakarta: Gema Insani Press.
al-Naisabury, A. H. (1991). Asbāb al-Nuzūl. Bairut: Dar al-Fiqr.
al-Qardhawi, Y. (1999). Fiqh al-Zakāh,. Jakarta: Pustaka Litera Antarnusa.
al-Qurthubi, A. A. (2006). Al-Jāmi' Li Ahkām al-Qur'an. Bairut: Muassasah al-Risalah.
al-Razi, F. M. (1994). Tafsīr al-Kabīr wa Mafātih al-Ghaib. Bairut: Dar al-Fiqr.
al-Shabuni, A. (t.th). Shofwah al-Tafāsri. Bairut: Dar al-Qur'an.
al-Shalabi, U. M. (2002). Al-Rukhash al-Syar’iyyah Ahkamuhā wa Dhawābithuhā. Alexandaria: Dar al-Imam.
al-Syazili, I. H. (1995). Fî Zhilâl Al-Qur’an. Bairut: Dar al-Kutub.
al-Thabari, M. I. (1999). Jāmi‘ al-Bayān fī Ta’wīl Al-Qur’ān. Bairut: Dar Kutub ilmiyah.
al-Thahlan, M. (2008). Umahāt Al-Mu’minīn Fi al-Madrasah an-Nubuwah. jakarta: Pustaka Fatimah.
al-Zuhailiy, W. (2008). Usūl al-Fiqh al-Islāmiy. Damaskus: Dar al-Fiqr.
al-Zuhri, M. S. (2001). Thabaqāt,. Qahirah: Maktabah al-Khanaji.
Arabi, A. B. (1996). Ahkâm Al-Qur’an. T. tp: T.th.
Asyur, I. (t. th). Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir. Tunisia: Daar Sunnah.
Beierhoff. (2022). Prosocial Behavior. New York: Taylor & francis.
Byrne, B. d. (2005). Social Psychology. Jakarta: Erlangga.
David O. Sears, e. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.
Dhaif, S. (2011). Al-Mu'jam Al-Wasîth. Mesir: Maktabah Syuruq.
Hamka. (2000). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Panji Mas.
Hana, L. (2012). Ta’aruf Proses Perjodohan Sesuai Syari Islam. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Handayani. (2014). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Relesiensi Siswa Akselerasi. Thesis. Malang: Unioversitas Negeri Maulana Maliok Ibrahim.
Hasan, T. (1979). Al-Lughatu al-Arabiyyah Ma’nāhā wa Mabnāhā. Mesir: Haiah al-Mishriyah.
Humaid, S. b. (2006). Mausu’ah Nadhrah al-Naīm fî Makārim al-Akhlāk al-Rasȗl al-Karīm. Jeddah: Dar al-Wasilah.
Kardjono. (2019). Pengendalian Emosi Melalui Relaksasi Aktif di Alam Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 21-27.
Katsir, I. A. (1994). Tafsīr Al-Qur’anal-‘Azīm. Riyadh: Maktabah Darussalam.
Linngs, M. (2007). Muhammad : Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik. Jakarta: Serambi.
Maskawih, I. (1999). Menuju Kesempurnaan Akhlak. Bandung: Mizan.
Miswari, Z. (2007). Al-Qur’anKitab Toleransi. Jakarta: Fitrah.
Mussen, E. &. (1989). The Roots of Prosocial Behavior in Children. Cambrige: University Press.
Najib, M. S. (1985). Mu’jam al-Musthalāhāt an-Nahwiyah wa Sharfiyah. Bairut: Muassasah al-Risalah.
Nasih, A. (1999). Tarbiyah al-Aulād fî al-Islām. Bairut: Dar al-Salam.
Pillavin, J. A. (1990). Altrusim: A Review of Recent Theory and Research, University of Wisconsin. University of Wisconsin (hal. 30). Universiti of Wisconsin.
Rahman, F. (1982). The Islamic Concecpt of State"Islam in Transsition, Muslim Perspectives. Doversity Press.
Rakhmat. (1999). Meraih Cinta Ilahi Pencerahan Sufistik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Reber, A. S. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ritzer. (2014). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Raja Grafindo.
Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.
Shihab, M. .. (2002). Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. jakarta: Raja Grafindo.
Suhud, A. (2008). Pra Kondisi Kebangkitan Dakwah di Makkah: Kajian Terhadap Kepercayaan Masyarakat Arab Sebelum Islam. Media Pemikiran dan Pengembangan Masyarakat, 52.
Yucel, S. (2014). The Notion of Husnudzan or Positive Thinking in Islam: Medieval Perspective. Humanities and Social Sciences, 106.
Zuhaily, W. (2008). Usūl al-Fiqh al-Islāmiy. Damaskus: Dar al-Fiqr.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.