PENGARUH EASE OF USE, TRUST, LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI APLIKASI GRAB FOOD SECARA ONLINE PADA GENERASI Z

Ervina Sriwidayati, Gustin Muharani, Maimunah Salimah Manurung, Nur Ella Sari Purba, Liharman Saragih

Abstract


Tujuan terbit penentuan ini adalah menjelang menangkap ganjaran kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan gaya hidup terhadap ketentuan pembelian makanan dan minuman melalui aplikasi Grab Food online di kalangan mahasiswa milenial. Populasi penelitian terdiri dari generasi milenial SMP dan SMA yang menggunakan aplikasi Grab Food untuk memesan makanan dan minuman dari website jual beli online minimal sebanyak lima kali. Metode pengumpulan sampel untuk penentuan ini menggunakan Google From. Dalam metode ini, sampel diperoleh berdasarkan pengalaman dan kehidupan sehari-hari, terutama yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Data yang digunakan adalah informasi primer dan informasi sekunder. Metode pembicaraan informasi yang digunakan adalah pembicaraan kekurangan berganda. Hasil penentuanmemperlihatkan bahwa kemudahan penggunaan, kepercayaan, gaya hidup berkecukupan berarti terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman secara online dengan aplikasi Grab Food dipengaruhi oleh penyebab lain yang tidak digunakan dalam penentuan ini.


Keywords


Ease Of Use dan Keputusan Pembelian

References


Alfisyarhin, Gafi. 2020. "Pengaruh Ease Of Use, Trust Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Pada Tokopedia Oleh Masyarakat Kota Pekanbaru."

Ekasari, Novita, Nurhasanah Nurhasanah, Fitri Chairunnisa, and Ade Perdana Siregar. 2019. "Model Performance Supported SMEs Strategy-Based Applications Through E-Money Gofood Business Customer Satisfaction and Grabfood." Ekonomis: Journal of Economics and Business 3 (2):129-136.

Fenalosa, Faldo. 2018. Kilas Balik Ecommerce Platform di Indonesia Tahun 2018. Iprice. co. id. Retrieved 5 October 2019.

Grabfood.co.id. 2022. "https://www.grab.com/id/." (1 Desember 2022).

Iristian, Jovi, and Sukma Irdiana. 2019. "Buying Experience: The Impact Of Trust And Satisfaction Of Grab Food Customers In Surabaya." Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen 3 (2):157-164.

Islami, Muhammad Mitsal, Muhammad Asdar, and Andi Nur Baumassepe. 2021. "Analysis of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use to the Actual System Usage through Attitude Using Online Guidance Application." Hasanuddin Journal of Business Strategy 3 (1):52-64.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management 15 New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc.

Nguyen, Ha Minh, and Bui Thanh Khoa. 2019. "The relationship between the perceived mental benefits, online trust, and personal information disclosure in online shopping." The Journal of Asian Finance, Economics and Business 6 (4):261-270.

Punyatoya, Plavini. 2018. "Effects of cognitive and affective trust on online customer behavior." Marketing Intelligence & Planning.

Rahman, Abdul, Ami Sukmawardani, and M. Nodia Arza Fahiran. 2022. "Implications Of Using Grab Food Applications On Consumer Satisfaction." Journal Of Humanities, Social Sciences And Business (JHSSB) 1 (4):1-6.

Saragih, Liharman. 2020. "Pengaruh E-Wom Facebook Terhadap Minat Beli Mahasiswa Perempuan Berbelanja Online (Studi Pada Fakultas Ekonomi USI Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia)." Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen) 13 (1).

Saragih, Liharman, Astri Rumondang Banjarnahor, Novy Anggraini, Andriasan Sudarso, Yurilla Endah Muliatie, Darwin Lie, Yudiyanto Joko Purnomo, Bonaraja Purba, Eko Sudarmanto, and Sony Kuswandi. 2022. Strategi Manajemen Pemasaran: Yayasan Kita Menulis.

Saragih, Megasari Gusandra, Liharman Saragih, Johanes Wilfrid Pangihutan Purba, and Pawer Darasa Panjaitan. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar–Dasar Memulai Penelitian: Yayasan Kita Menulis.

Survei, Hasil. 2018. "Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) https://www. apjii. or. id/survei2018/download." FBY9pDwIce3TO4HALX71bvqxfnZzRG diunduh 4.

Zuelseptia, Sonya, Rahmiati Rahmiati, and Yunita Engriani. "The Influence of Perceived Risk and Perceived Ease of Use on Consumer’s Attitude and Online Purchase Intention." 2018.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ad.v6i001.3413 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ervina sriwidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: agus@staiabogor.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Our Visitor