STRATEGI PEMASARAN UMKM HANDYCRAFT PIJAR EMAS BLITAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA COVID-19

Tri Agung Tegar Aji Saputro, Amalia Nuril Hidayati, Muhammad Alhada Fuadilah Habib

Abstract


Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai sektor ekonomi mengalami dampak negatif, seperti penurunan penjualan dan penurunan produktivitas. UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak, salah satu UMKM yang terdampak adalah UMKM Handycraft Pijar Emas Blitar. UMKM ini mengalami penurunan penjualan cukup signifikan pada tahun 2020. Sehingga dibutuhkan strategi khusus untuk mengembalikan tingkat penjualan. Berdasarkan teori marketing mix, strategi yang bisa dilakukan adalah dengan strategi 7P, yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Riset ini mencoba menganalisis strategi yang dilakukan Handycraft Pijar Emas untuk melihat strategi pemasarannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa Handycraft Pijar Emas berhasil meningkatkan penjualannya dengan menggunakan strategi marketing mix berupa inovasi dan variasi produk, penyesuain harga dengan memberikan promo menarik, desain tempat yang nyaman, bersih, dan mudah diakses, serta promosi menggunakan media sosial serta pemberian program pelatihan secara virtual secara online kepada para konsumen untuk menarik minat para konsumen, merekrut karyawan yang ahli, dan memberikan pelayanan yang terbaik. Berdasarkan studi yang dilakukan, strategi yang diterapkan Handycraft Pijar Emas berhasil meningkatkan penjualan sehingga strategi tersebut bisa diterapkan di UMKM lain untuk meningkatkan penjualan akibat pandemi Covid-19.


Keywords


Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Penjualan, 7P

References


Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Anisah. 2020. “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk Busana Muslim di Pasar Aceh.” Universitas islam Negeri Ar-Raniry.

Ariyanto, Aris, Dede Andi, Muhammad Abid, Nopi Oktavianti, Rizka Whayuni Amelia, Melda Wiguna, Abdul Rahman Safih, Purwanti, Hadion WIjoyo, dan Wiara Sanchia Grafita Ryana Devi. 2021. Entrepreneurial Mindsets & Skill. Diedit oleh Hadion Wijoyo. 1 ed. Solok: CV. INSAN CENDEKIA MANDIRI.

Christine, dan Wiwik Budiawan. 2017. “Analisis Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang).” Indsutrial Engineering Online Journal 6 (1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/15928.

Emiliani, Fristica, Sabilla Rizqiana, Ryan Suhandito, Navira Muchibbah, Risna Nurmahfidhoh, dan Muhammad Habib. 2021. “ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19.” SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam 1 (1 SE-Articles). https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4929.

Hamdali, Ryanne Natalia, dan Tina Melinda. 2021. “Analisis Pengaruh Service Marketing Mix 7P terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan di Kozko Digital Printing Surabaya.” Media Mahardika 20 (1): 37–49. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i1.316.

Hananda, Angela Virga Eka, dan Lia Nirawati. 2021. “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Cafe Rvang di Ketintang Surabaya.” Jurnal Revolusi Indonesia 1 (8): 742–53. https://doi.org/10.1235/jri.v1i8.169.

Hurriyati, Ratih. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETA.

Ismanto, Juli. 2020. Manajemen Pemasaran. 1 ed. Pamulang: UNPAM PRESS.

Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Iwan. 2008. Manajemen Strategi. Bandung: CV. Yrama Widya.

Rusdi, Moh. 2019. “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan genting Ud. Berkah Jaya.” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis 6 (2): 49–54. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686.

Saleh, H. Muhammad Yusuf, dan Said Miah. 2019. Konsep & Strategi Pemasaran. 1 ed. Makassar: CV. Sah Media.

Saputro, Ulung Hendra, Rini Rahayu Kurniati, dan Dadang Krisdianto. 2021. “Implementasi Bauran Pemasaran Jasa Kaitannya dengan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Showroom Mobil Bekas Fun Mobil).” JIAGABI 10 (1): 155–62. https:/www.riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/10002.

Syahrun, Muhammad. 2021. “Peranan Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Batu Cetak.” Jurnal Ekonomi Pembangunan 7 (2): 49–59. https://doi.org/10.35906/jep.v7i2.879.

Tjiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ad.v6i02.2455 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tri Agung Tegar Aji Saputro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: agus@staiabogor.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Our Visitor