Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Pada Keputusan Pembelian Produk Smartphone Vivo di Tanjung Selor

Dedik Wiryawan, Adi Aspian Nur

Abstract


Penggunaan smartphone pada jaman sekarang bukan lagi keinginan tapi kebutuhan dan kesadaran akan smartphone memang dibutuhkan. Semakin banyaknya merek produk smartphone menjadikan persaingan yang sangat ketat, mereka mengembangkan produknya melalui inovasi agar tetap menarik pelanggan atau tidak berpindah ke merek lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek/brand equity yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas dan loyalitas pada keputusan pembelian produk smartphone Vivo di Tanjung Selor. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian smartphone merek Vivo di gerai penjualan yang ada di Tanjung Selor selama 1 bulan. Kuesioner disebarkan kepada konsumen yang datang di gerai penjualan dan dilakukan perhitungan analisa statistik untuk hasil kuesioner tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, loyalitas, dan persepsi kualitas belum mempengaruhi keputusan pembelian. Mereka cenderung membeli ­smartphone dengan harga yang terjangkau daripada mempertimbangkan merek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel; kesadaran merek, loyalitas, dan persepsi kualitas, tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk smartphone Vivo di Tanjung Selor.


References


Alim, S. A, M. K Mawardi, and A. S Bafadhal. 2018. “Pengaruh Persepsi Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim (Survei Pada Pelanggan Produk Zoya Muslim Di Kota Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 62 (1): 127–34.

Amilia, Suri. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan 6 (1): 660–69.

Anindyawati, Stefi, Bambang Purwanggono, and Hery Suliantoro. 2016. “Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota (Studi Kasus Wilayah Semarang).” Industrial Engineering Online Journal 5 (4): 1–8.

Bambang, Abas, and Meyzi Heriyanto. 2017. “Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova (Survey Konsumen Pada Dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru).” Urnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau 4 (2): 1–11.

Fatimah, S. 2014. “Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Wardah Pada Konsumen Al Yasini Mart Wonorejo.” Sketsa Bisnis 1 (2): 2–7.

Jemadu, Liberty. 2020. “Daftar Merek HP Paling Laris Di Indonesia, Vivo Masih Nomor 1.” Suara.Com. 2020. https://www.suara.com/tekno/2020/11/26/215943/daftar-merek-hp-paling-laris-di-indonesia-vivo-masih-nomor-1?page=all.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2016. Principles of Marketing. Global. England: Edinburgh Gate.

Linardo, Linardo. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nurhayati, Siti. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 4 (2): 60–69. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/66.

Sudomo, St. 2013. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Pepsodent Di Kabupaten Bantul).” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 1 (2): 33–48. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/13.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Suryani, Tatik. 2017. Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global. Jakarta: Prenada Media.

Swastha, Basu, and T Hani Handoko. 2013. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Pert. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ad.v5i02.1741 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dedik Wiryawan, Adi Aspian Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: agus@staiabogor.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Our Visitor