ANALISIS PENGARUH LABELISASI HALAL DAN DIGITAL SELLING TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK HALAL

Novrita Dewi Yanti, Darwanto Darwanto

Abstract


The majority of Indonesia's population is women so that it provides a great opportunity for the cosmetic industry to fulfill women's needs based on the factors of interest. However, the demand to consume halal products is also an absolute thing for Muslim consumers, including cosmetics. This study aims to determine which variables influence consumer buying interest. The population in this study were Muslim students at Diponegoro University Semarang who had bought or used halal cosmetic products with a purposive sampling technique. The type of data used is primary data with online questionnaires via google form and secondary data with references from past researchers. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of the analysis show that the variable brand, brand ambassador, digital selling has a partial influence on buying interest. However, product quality and halal labeling have no influence on consumer buying interest in cosmetics. Simultaneously, all independent variables have an influence on purchase intention.

Populasi penduduk Indonesia mayoritas adalah perempuan sehingga memberikan peluang yang besar kepada industri kosmetik untuk melengkapi kebutuhan perempuan berdasarkan faktor yang diminati. Namun, tuntutan untuk mengkonsumsi produk halal juga merupakan hal yang mutlak bagi konsumen beragama Islam termasuk pada kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel manakah yang menjadi pengaruh minat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi muslim Universitas Diponegoro Semarang yang pernah membeli maupun menggunakan produk kosmetik halal dengan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan kuesioner online melalui google form dan data sekunder dengan referensi peneliti masa lampau. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.  Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel merek, brand ambassador, digital selling memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat beli. Namun kualitas produk dan labelisasi halal tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen kosmetik. Secara simultan, seluruh variabel independen memiliki pengaruh terhadap minat beli.


Keywords


Brand Ambassador; Digital Selling; Kualitas Produk; Labelisasi Halal; Merek; Minat Beli Pelanggan Kosmetik Halal.

References


Anggraini, E. I., Hidayat, K., & Sunarti. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli yang juga Menggunakan Kosmetik Wardah di Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 73(1), 118–124.

Arifuddin, R. R., Rahman Kadir, A., & Kadir, N. (2019). Pengaruh Personal Selling Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Pt.Qbe General Insurance Indonesia Cabang Makassar. Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 2, 92–108.

Asmara, M. O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 431–439.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponegoro.

Guthrie, M., Kim, H. S., & Jung, J. (2008). The Effects Of Facial Image And Cosmetic Usage On Perceptions Of Brand Personality. Journal of Fashion Marketing and Management, 12(2), 164–181.

Indika, D. R., & Lainufar, S. (2015). Eksplorasi sikap konsumen terhadap kosmetik halal (studi kasus:wardah). 55–64.

Intansari, D. (2019). Pemilihan Kosmetik Berlabel Halal (Studi Pada Kalangan Model Hijabers di Kota Surabaya ). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kaswengi, J., Diallo, M. F., Akrout, H., & Valette-Florence, P. (2020). Choosing High-Equity Cosmetic Brands In Bad Macroeconomic Conditions: Evidence From Panel Data. International Journal Of Retail And Distribution Management, 48(4), 305–325.

Kusumawardani, D. A. (2011). Studi Mengenai Keputusan Pembelian Jasa Wedding And Event Organizer (Studi kasus di Mahkota Wedding and Event organizer Semarang). Xi, 1–52.

Larasari, E., Lutfi, & Mumtazah, L. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Dan Event Sponsorship Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(1), 261–280.

Liesander, I., Dharmayanti, D., Si, M., Ph, D., Studi, P., Pemasaran, M., Ekonomi, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2016). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Lima Di Jawa Timur. 1–13.

Lisma, N., & Haryono, A. (2016). Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus pada Mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012 ). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 41–50.

Marwati, S., Hidayat, W., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Ekuitas Merek (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Blackberry Di Universitas Diponegoro Semarang). 1–10.

Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2), 171–179.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1).

Prabowo, A. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Brand Image Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Brand Loyality Pada Air Mineral Aqua. Jurnal Manajemen.

Prasetyo, P. E. (2016). Brand Ambassador Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek. 45–46.

Pujiyono, A. (2006). Teori Konsumsi Islami. Dinamika Pembangunan, 3(2), 196–207.

Rahman, A., Asrarhaghighi, E., & Ab Rahman, S. (2015). Consumers And Halal Cosmetic Products: Knowledge, Religiosity, Attitude And Intention. Journal of Islamic Marketing, 6(1), 148–163.

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.

Saputra, S., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(6), 85–95.

Septya, N. N. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic By Lazeta. Bisnis Dan Iptek, 9(2), 141–152.

Shahid, S., Ahmed, F., & Hasan, U. (2018). A Qualitative Investigation Into Consumption Of Halal Cosmetic Products: The Evidence From India. Journal of Islamic Marketing, 9(3), 484–503.

Stephani, S. L., Yuliani, P. R., & Sylvie, N. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung.

Syahnaz, N. B. F., & Wahyuno. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online. Journal Management Analysis, 32(2), 389–399.

Syahputra, A., & Hamoraon, H. D. (2010). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan Dalam Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Vol.2 No.8, 475–487.

Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek : Peran Karakteristik Merek , Karakteristik Perusahaan , Dan Karakteristik Hubungan. Jurnal Manajemen, 6(1), 65–78.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102.

Utomo, G. W., & Prabawani, B. (2017). Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Type Nex. Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 9(5), 1–14.

Wardana, D. (2011). Pengaruh Kepribadian Konsumen pada Pilihan Merek sebagai Konsep Diri pada Kategori Produk. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1), 21–35.

www.bps.go.id. (2020). www.bps.go.id.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ad.v4i01.1144 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novrita Dewi Yanti, Darwanto .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: agus@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License